Sunday, March 27, 2011

Kisah Dua Ekor Srigala

Seorang murid sebuah padepokan  mengeluhkan dirinya kepada  gurunya, “Saya ini tidak bisa melepaskan diri dari sifat  dan perilaku yang buruk seperti berburuk sangka, iri terhadap keberhasilan orang lain, ingin memiliki yang bukan hak saya, senang bergunjing, dan perilaku-perilaku buruk lainnya. Saya ingin menghilangkan sifat dan perilaku demikian. Bagaimana caranya, Guru? 
Sang Guru menjawab dengan hati-hati, “ Sebenarnya ada dua  srigala dalam diri setiap manusia , srigala baik dan srigala buruk. Setiap hari kedua srigala itu berkelahi. Adapun sifat, keinginan,   dan perilaku yang jelek berasal dari sigala jahat, sedangkan srigala baik mengajak kebada sifat-sifat baik, menolong orang lain,  berprasangka baik terhadap orang lain, ingin melayani dan memberi.”
“Siapa yangsering  kalah dan siapa yang sering  menang, guru?” tanya muridnya mulai antusias. “Keduanya kadang kalah kadang menang, saling bergantian”, jawab Sang Guru. Sang murid tidak puas dengan jawaban demikian, ia bertanya lagi, “Bagaimana caranya agar srigala baik yang ada dalam diri saya selalu menang?”. Sang guru menjawab ,  “Itu bergantung  dari sebarapa sering kamu memberi makan srigala-srigala itu”  

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...