Sunday, March 27, 2011

Terhormat Karena Memikul Tanggung Jawab


Yang membuat hidup dinamis dan maju adalah tanggung jawab. Bayangkan bila seorang kepala keluarga tidak merasa punya tanggung jawab menafkahi anak istrnya. Dia tidak akan punya alasan pergi pagi pulang petang bekerja. Istri kurang hormat kepada suami, anak sulit diatur, karena suami sebagai kepala keluarga melepaskan tanggung jawab.  Bila seorang atasan ingin mememecat bawahannya, mudah saja, cabut tanggung jawabnya. Jangan beri dia pekerjaan selama dua bulan. Selama dua bulan itu dia akan merasa terhina, disepelekan, kehadirannya dianggap tidak menggenapkan, ketiadaannya dianggap tidak menganjilkan.  Kalau masih punya malu, di akhir bulan  karyawan  tersebut seharusnya mengundurkan diri.
Tanggung jawab bukanlah sebuah beban, melainkan sebuah jalan  untuk naik kelas dan meraih harapan yang dicita-citakan. Tidak semata-mata Allah memberikan tanggung-jawab kepada manusia jika tidak diiringi dengan harapan  dari si pemberi tanggung-jawab.  Hanya yang ikut ujian yang punya kesempatan mendapat ijazah. Hanya yang mengikuti proses belajar mengajar yang boleh berharap lulus ujian. Yang hanya melamun, sambil bertopang dagu menggantang  asap, jangankan meraih harapan, berangan-anganpun tak boleh.
Dalam Islam, Tidak ada istilah pecundang, atau si Gagal bagi yang sedang melaksanakan tanggung jawab. Bila keburu mati tapi harapan belum diraih jadilah dia Syuhada (pahlawan) dimata Allah. Bila dia diberi kesempatan menikmati keberhasilan mecapai puncak harapan, dijukilah dia Al Faizuun dan Almuflhuun, orang yang mendapat kemenangan dan orang yang bahagia. Betapa agungnya orang yang  berani  memikul  tanggung jawab dan betapa hinanya orang yang lari dari tanggung jawab. Itu sebabnya kita tidak boleh mengeluhkan tanggung jawab yang diberikan. Berbanggalah anda bila ada orang yang memberikan Anda kepercayaan dan tanggung jawab,  sebab dengan demikian Anda diperhitungkan, dan punya kesempatan naik kelas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...